Laman

Jumat, 19 Juni 2015

Beautiful Sembalun - Lombok NTB

Beautiful Sembalun - Lombok NTB


       
            Lombok adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Provinsi NTB ( Nusa Tenggara Barat) Indonesia, yang diapit oleh Pulau Bali dan Pulau Sumbawa. Untuk diketahui, kata "Lombok" jika dilihat dari segi bahasa sasak, "lombok diartikan sebagai lurus. Ini menunjukan kalau orang Lombok taat aturan syariat.
            Kebanyakan orang hanya mengenal Pulau Bali dari pada tetangganya (Lombok). Yups, Bali terkenal akan keindahan alam dan budayanya. Siapa sih yang nggak tau pantai Kuta Bali? Tanah Lot? Sanur? dan masih banyaaak lagi. Budaya Bali juga sangat indah dan kental, dari mulai tempat peribadatannya yang disebut Pure sampai pawai Ogoh-ogoh menjelang Hari Raya Nepi bagi umat Hindu namun seluruh warga Bali harus ikut mematuhi aturan yang berlaku. Well, coba deh sesekali negok ke tetangganya Bali yaitu Pulau Lombok. Di Lombok kita juga punya lho pantai Kuta Lombok yang nggak kalah indah nya dari Kuta Bali. Pantai Kuta Lombok memiliki pasir putih yang suuppeeerr unik. Dimana pasir putihnya terbagi atas dua bagian , yaitu pasir yang sangat halus dan lembut seperti tepung dan pasir yang berbentuk seperti bulir-bulir merica. Selain Kuta Lombok, kita masih punya banyyaaaaaaaak tempat wisata yang sanggaaaaaaat indah seperti Pantai : Senggigi, Seger, Tanjung Aan, Malimbu, Nipah, Medana, Panadanan, Selong Belanak, Mawun, Nambung, Tebing, Pink, Tanjung Ringgit, Cemara , (dan masih banyak lagi pantai yang lain), selain pantai ada bulit lereng Guung Rinjani yaitu Sembalun, Gunung Rinjani, Taman Narmada, Suranadi, wisata hutan Sesaot, Air terjun Benang Setokel, Air terjun Mayung Putek, Tiu Pupus, Tiu kelep, Tiu teja dan masih banyaaaaakk lagi deh...


               Oke dari pada cuma baca nama-namanya aja, sekarang saya akan membahas satu dari sekian banyak "Paradise" yang ada di Lombok. ini dia "BEAUTIFUL SEMBALUN"
(foto ini diambil langsung dari Sembalun)
            Sembalun adalah sebuah kecamatan di kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.Kecamatan Sembalun merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Lombok Timur yang memiliki luas wilayah 217,08 Km2, terdiri dari 6 desa yaitu Desa Sembalun Bumbung, Desa Sembalun Lawang, Desa Sajang, Desa Bilok Petung, Desa Sembalun, dan Desa Sembalun Timba Gading. Secara geografis Kecamatan Sembalun di sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Sambelia, di sebelah selatan berbatasan dengan Aikmel dan Pringgasela, di sebelah barat dengan Kabupaten Lombok Barat sedangkan di sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Pringgabaya.
             Ibukota Kecamatan Sembalun berada di Desa Sembalun Lawang, yang berjarak sekitar 45 km dari ibukota Kabupaten Lombok Timur ( Selong ). Desa Sembalun Bumbung memiliki wilayah terluas yaitu 57,97 Km2 atau sekitar 26,70 % dari keseluruhan luas wilayah Kecamatan Sembalun, dan yang tekecil adalah Desa Sembalun Timba Gading dengan luas 15,76 Km2 .
           Desa-desa yang berada di Kecamatan Sembalun memiliki ketinggian yang bervariasi antara 800 hingga 1.200 meter diatas permukaan laut. Jarak tempuh tiap desa ke ibukota kecamatan relatif dekat, jarak yang paling jauh yaitu dari Desa Sajang dan Desa Bilok Petung yang mencapai 6 km dan 15 km. Sedangkan jarak terdekat ke ibu kota kecamatan adalah Desa Sembalun yaitu 0.025 km (25 m), karena kantor kecamatan ada di dasa tersebut.

            Jumlah penduduk Kecamatan Sembalun keadaan pertengahan tahun 2012 mencapai 19.051 jiwa. Jumlah penduduk perempuan lebih banyak yaitu 9.861 jiwa, sedangkan penduduk laki-laki sebanyak 9.190 jiwa (wikipedia).

           Sebenernya masih banyak lagi tentang sembalu yang nggak bisa saya diskripsika hanya dengan tulisan. So, Dong ayok ke Lombok
-thankyouuu~
(Abang mba dapet salam dari Lombok)
sembalun bumbung
                                      (Gammafis - Fisika FMIPA Univerisat Mataram 2014)



_seeyaa next paradise






Tidak ada komentar:

Posting Komentar